Friday, September 5, 2008

Menghidupkan Komputer Lebih Cepat

Bakal ada 5 cara yang harus anda lakukan untuk menghidupkan komputer anda agar lebih cepat, langkah-langkahnya seperti berikut :

















1. Menentukan lokasi booting
Pencarian lokasi booting oleh komputer dapat memakan waktu biasanya setting default akan memeriksa floppy dulu. Anda dapat mengatur hal ini di bios, caranya tekan [Del] setelah penghitungan memori dilakukan, lalu pada pilihan Firts Boot Device pilihlah harddisk, dengan begini proses pencarian lokasi booting akan langsung ke harddisk dimana operating system disimpan.

















2. Disable-kan komponen yg tidak terpakai
Semua perangkat yg terpasang pada komputer akan memakan waktu booting. ada baiknya mengurangi komponen2 tak terpakai, caranya dengan membuka Device Manager pilih komponen tidak terpakai, misal floppy klik 2 kali lalu pilih disable pada drop down box device usage.
Cara mengakses Device manager, klik kanan My computer, pilih propertis, lalu buka halaman hardware.
















3. Hilangkan layar loading
Dengan menghilangkan layar loading, anda juga dapat mempersingkat waktu booting caranya pilih menu run pada star menu, lalu ketikkan msconfig, lalu ok, buka halaman BOOT.INI pada opsi /NOGUIBOOT berikan tanda (centang). Jangan kaget bila nantinya logo windows dan animasinya tidak akan tampil pada saat booting justru itu akan menghemat waktu booting dlm beberapa detik.






















4. Kurangi waktu setelah booting
Jika komputer tidak terhubung dengan jaringan maka tidak ada salahnya anda mematikan fitur pengenalan jaringan yg dilakukan oleh komputer, caranya klik kanan pada my computer pilih manage, kemudian pilihlah Service and Application. pada daftar service, klik 2 kali workstation kemudian pada dropdown box starup type pilih disable.















5. Non-aktifkan service yang tidak perlu
Ada beberapa service yg otomatis ada juga service yg jalan pada saat start up, dan sebagian tidak diperlukan sehingga memakan waktu resource saja. Ada baiknya bila service2 tersebut dimatikan.
Caranya klik kanan My Computer pilih Manage kemudian pilih Servis and Applications pilih lagi service dan tinggal dipilih mana yg anda rasa tidak dibutuhkan tinggal dinonaktifkan, semisal anda ingin menonaktifkan Automatic updates tinggal anda klik 2 kali kemudian pada dropdown box starup type pilih disable.


8 comments:

@ri$ SuKoc0 said...

Mkcih..., nambah ilmu nih...,

salam,
miyabimania

Nur Fatkhan said...

makasih om.,
lumayan bwt nmbh pngtahuan...

bLOg BilbOyz said...

boleh juga nie coba ahk

bLOg BilbOyz said...

tapi apakah akan merusak kinerja dari komputer itu sendiri atau tdk?

noereoel said...

wuaduh ...
makacih buanget ilmunya !

Season.Art said...

trimz...... ^^

jxz said...

thangk temaand

aa'zefrut said...

ijin sedot gan

Post a Comment