Sunday, September 14, 2008

Mempercepat Kerja PC dengan Setting Virtual Memori

Jika anda membuka program secara bersamaan, apalagi program2 yang besar seperti Photoshop, memori menjadi penuh dan kerja komputer menjadi lambat, windows mengatasi masalah ini dengan menggunakan kapasitas kosong dalam hard disk. The Virtual Paging File (juga disebut swap file) pada hard disk bertindak sebagai tempat penyimpanan sementara jika windows kekurangan tempat pada memori. Biasanya windows membuat paging file temporer pada hard disk hanya saat dibutuhkan saja, namun dengan paging file yang tetap kinerja komputer bisa lebih baik.





Caranya : Klik "Star --> klik kanan My Computer--> pilih Propertis --> buka tab Advanced --> di bagian performance -- klik tombol setting --> buka lagi tab advanced terus di bagian virtual memory klik tombol "change".
Pilih partisi pada hard disk (C atau D) yang memiliki tempat kosong setidaknya dua kali ukuran RAM. Pada partisi ini atur "initial size" dan "maximum size" dengan nilai yang sama (contoh 512 MB). Dengan pengaturan nilai yang sama, anda telah membuat fixed paging file.

Penting : Atur ukuran menjadi dua kali ukuran RAM yang anda miliki dan harus sama, kalau sudah selesai klik tombol "set" lalu "ok". Anda harus me-restart PC untuk mengaktifkan perubahan tersebut.

3 comments:

Endar Darsita said...

terimakasih atas trik dan tips nya,sehingga ilmu saya bertambah. cuma blog saya kayanya belum ada yang nyentuh nih. gimana yah?

joeny said...

kalo diperbesar lagi bisa gk ya?
misalnya sekarang drive C :
initial sizenya : 2046
max size : 4092
berapa yg harus ditambahkan?
trus kalo umpamanya mo di set di drive D yg masih kosong, boleh dikasih berapa ??
soalnya mo main pb ngelag terus,,,
vga nya onboard seh,,,,
hehhehe
makasih.....

CIMOT KANGKUH said...

MANTAP BRO....

Post a Comment